Tugas 1 MPPL

 

SOFTWARE PROCESS

Berikut ini merupakan beberapa pengertian software process yang saya kutip dari beberapa para ahli:
  • Menurut Reidar Conradi pada bukunya yang berjudul Software Process Technology: 7th European Workshop, Software Process adalah Proses perangkat lunak yang direpresentasikan sebagai sebuah proses program dan dapat mengeksekusi secara otomatis.
  • Menurut Ian Sommerville pada bukunya yang berjudul Software Engineering (9th Edition), Software Process adalah Pendekatan sistematis yang digunakan dalam rekayasa perangkat lunak serta merupakan sebuah aktifitas terurut yang menuju kepada produksi dari pembuatan produk rekayasa perangkat lunak.
  • Sedangkan menurut M Deploy pada tulisannya yang berjudul Software Engineering Process, Software process adalah serangkaian langkah-langkah yang terurut untuk membuat sebuah produk rekayasa perangkat lunak. Software process adalah suatu hirarki yang tiap langkah dapat memiliki sub-sub langkah dalam proses rekayasa perangkat lunak.

SOFTWARE PRODUCT

merupakan manfaat software dijadikan sebuah produk yang dapat dijual kepada masyarakat atau perusahaan yang membutuhkan. Misalnya: sistem kasir, sistem POS (Point of Sale), Sistem keuangan, dan lain-lain. Sistem-sistem tersebut bersifat paten yang dibuat oleh perusahaan tertentu yang kemudian dijadikan produk dari perusahaan tersebut yang dapat dijual kepada perusahaan lain yang membutuhkan. Biasanya produk software ini diberi nama yang dijadikan trend atau ciri khas dari perusahaan tersebut. Misalkan dari perusahaan Bitncode, semua produk aplikasi yang dibuat diberi nama Bit, yaitu: BitFinance, BitKasir, BitAbsensiOnline, dan lain-lain. Kegunaan software sebagai produk ini telah diterapkan di Jepang, dan negara-negara barat. 

BIAYA YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMBUAT SOFWARE

Dalam membuat sebuah software pasti diperlukan modal. Untuk menghasilkan management proyek yang baik, maka penghitungan cost pengerjaan harus dilakukan sebaik mungkin. Berikut beberapa hal yang mempengaruhi harga sebuah pembuatan software

Setiap pengembangan software diperlukan sebuah modal yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan penghitungan biaya yang dibutuhkan dengan baik maka dapat menghasilkan manajemen proyek dengan baik. Terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk menghitung biaya yang dibutuhkan untuk membuat software, yakni:
  • Scope Pekerjaan
  • Proses Pengerjaan
  • Standar harga per jam kerja
  • Investasi
  • Resiko

SOFTWARE DEVELOPMENT TEAM

 Team yang terlibat secara umum dalam pembuatan software yakni :
  1. Manajer senior
  2. Yang menentukan usaha yang dikerjakan, dan pemegang keputusan dalam proyek.
  3. Manajer Proyek (teknis) – Pemimpin Tim
  4. Yang membuat rencana, memotivasi, mengatur dan mengendalikan praktisi yang mengerjakan PL.
  5. Praktisi
  6. Yang mengerjakan Perangkat Lunak.
  7. Klien
  8. Yang menentukan kebutuhan Perangkat Lunak dan pihak lain yang berkaitan dengan hasil produk.
  9. Pengguna PL
  10. yang berinteraksi langsung dengan Perangkat Lunak yang dibangun.
sumber:
http://stringlabs.blogspot.co.id/2015/02/software-process-rpl.html
http://guslinpustaka.blogspot.co.id/2015/02/manfaat-software.html
https://butterflydroid.wordpress.com/tag/menentukan-harga-proyek-ti/
https://erozzgerrard.wordpress.com/2011/11/29/manajemen-proyek-perangkat-lunak/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 MPPL